Thursday 23 April 2015

Tempat Wisata di Purwokerto - Kab. Banyumas

Purwokerto >> adalah ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Berbagai julukan disandang kota di jalur selatan Jawa Tengah ini dari kota wisata, kota kripik, kota transit, kota pendidikan sampai kota pensiunan karena begitu banyaknya pejabat-pejabat negara yang pensiun dan akhirnya menetap di kota ini. Di kota ini pula terdapat museum Bank Rakyat Indonesia, karena bank pertama kali berdiri ada disini dan pendiri bank ini adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja putra daerah Purwokerto.

Jika anda ingin menikmati tempat wisata yang ada di wilayah Purwokerto, maka ada baiknya membaca panduan kami ini. Keresidenan Banyumas ini dikenal dengan alam bergunung yang cukup indah untuk di eksplorasi. Bahkan banyak yang menyarankan untuk menginap lebih dari satu malam di kota ini agar semua obyek wisata terbaik dan terpilih di Purwokerto ini dapat dinikmati semuanya.

Jika anda berlibur ke sini, silakan tentukan terlebih dahulu, apakah anda ingin menginap di hotel di dalam kota purwokerto atau di daerah Baturaden. Penentuan lokasi ini terkait dengan wilayah mana yang akan anda eksplore terlebih dahulu. Walaupun kedua lokasi berjarak dekat, tetapi cukup menguras waktu jika anda mencoba berkeliling di sekitarnya. Dan beberapa tempat wisata di Purwokerto yang terpilih untuk anda adalah sebagai beriku :

1.  Lokawisata Baturaden
Lokawisata Baturaden terletak di sebelah selatan Gunung Slamet, memiliki udara sejuk dan cenderung bertambah dingin di malam hari. Selain memiliki panorama alam yang cantik, Baturaden juga memiliki banyak legenda rakyat, salah satunya cerita lutung kasarung yang terkenal. 

Lokasi Wisata Baturaden >> Baturraden terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Baturraden karena letaknya di lereng gunung menjadikan kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari. Baturraden juga merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama pada hari minggu dan hari libur nasional. Kondisi tersebut menyebabkan banyak hotel dan vila didirikan di sini.

Baturraden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Baca Selengkapnya >> 

2.  Tempat Wisata Telaga Sunyi
Sesuai dengan namanya, Telaga Sunyi memang merupakan sebuah sungai yang begitu hening dan sunyi. Keadaan udara dan alam disekitar Sungai Telaga Sunyi ini masih sangat segar dan alami. Wajar jika tidak sedikit dari pengunjung Telaga Sunyi ini melakukan aktifitas menyepi, atau sekedar berlibur dan menenangkan pikiran dari semua rutinitas meraka.

Kawasan Wisata Sungai Telaga Sunyi sebenarnya sangat berdekatan dengan objek wisata favorit para pelancong di kota Purwokerto yaitu Baturaden, namun hanya sedikit orang saja yang tahu akan keberadaan Telaga Sunyi ini. Oleh karenanya, jika suatu saat Anda berkunjung ke Objek Wisata Baturaden, sempatkanlah untuk mendatangi kawasan Wisata Telaga Sunyi ini. 

Lokasi Wisata Telaga Sunyi >> Objek Wisata Sungai Telaga Sunyi berada sekitar 3 km di sebelah timur objek wisata Baturaden dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit saja. Baca Selengkapnya >> 

3.  Tempat Wisata Bendungan Gerak Kali Serayu
Bendungan Gerak Kali Serayu adalah bendungan dengan memanfaatkan debit air sungai Serayu yang melintasi wilayah kabupaten Banyumas dan kabupaten Cilacap untuk pengairan sawah beririgasi di wilayah kedua kabupaten tersebut. Pembangunannya dimulai pada tahun 1993 dan diresmikan bulan November 1996 yang telah mengalirkan air bagi sawah-sawah di Banyumas dan Cilacap, bahkan sebagian wilayah Kebumen. Total daerah cakupan pengairannya kurang-lebih 21.000 ha ( 210 km²). Di tempat itu juga di manfaatkan untuk budidaya perikanan air tawar oleh masyarakat sekitar.

Jika anda suka memancing, tempat ini cukup di rekomendasikan. Selain memancing Anda juga dapat menikmati pesona alam dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk dan segar.

4.  Tempat Wisata Curug Cipendok
Curug Cipendok adalah air terjun dengan ketinggian 92 meter yang terletak di lereng Gunung Slamet. Curug Cipendok mempunyai daya tarik tersendiri, karena lingkungan masih betul-betul alami. Kesunyian juga masih sangat terasa, sebab belum banyak pelancong yang datang menikmati keindahan alamnya. Hawa di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan. Di sekitar wilayahnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.

Tempat wisata yang masuk dalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur tersebut mulai dibenahi dengan berbagai fasilitas, karena dijadikan tujuan wisata secara resmi. KPH Banyumas Timur telah melengkapi dengan tempat parkir, tempat istirahat, dan kamar mandi. Bahkan, Perhutani telah memberi nama-nama pohon langka yang hidup di situ. Tujuannya tidak lain diperuntukkan bagi para pelajar, di samping menikmati alam, mereka juga dapat mengenal tumbuh-tumbuhan langka yang hidup di tempat itu. 

Lokasi >> Curug Cipendok terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Lokasi air terjun ini cukup mudah untuk dicapai. Jalan menuju lokasi sudah diaspal semua. Baca Selengkapnya >>

Benar-benar alam yang luar biasa.....!!!

Nah... itulah ulasan singkat beberapa Tempat Wisata di Purwokerto 
Kab. Banyumas Prov. Jawa Tengah.

SELAMAT BERWISATA...!!!

No comments:

Post a Comment