Thursday 7 May 2015

Tempat Wisata di Kabupaten Indragiri Hulu

Indragiri Hulu adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Riau, sebagai pusat kota Kabupaten adalah Kota Rengat yang berjarak dari Pekanbaru sekitar 170 KM. Di daerah yang dikenal "Kota Bersejarah" ini, banyak terdapat lokasi wisata sejarah, budaya dan panorama. Salah satunya masih terdapat peninggalan Kerajaan Indragiri dan beberapa danau yang berkaitan dengan kejayaan kerajaan melayu tersebut.

Berikut ini beberapa Tempat Wisata di Kab. Indragiri Hulu yang dapat Anda jadikan referensi sebagai tempat tujuan Anda ketika hendak berwisata. 


1. Situs Cagar Budaya Komplek Makam Raja Indragiri

Situs Cagar Budaya Komplek Pemakaman Raja -Raja Indragiri ini terdapat di Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, lokasi terletak sekitar 45 KM dari pusat kota Rengat.

Komplek ini merupakan salah satu dari sekian banyak Komplek Pemakaman Raja Indragiri yang tersebar dibeberapa Kecamatan di Indragiri Hulu. Di Komplek Pemakaman Raja -Raja Indragiri ini terdapat Makam Raja Indragiri beserta Keluarga dan Pengikutnya. Diantaranya terdapat Makam Raja Narasinga II beserta Putranya Sultan Usuluddin serta terdapat Makam panjang sekitar 12 meter, yakni Makam Panglima Raja Narasinga II yaitu Andi Sumpu Muhammad yang bergelar Panglima Jukse Besi.

Komplek disekitar makam Raja-raja Indragiri di Desa Kotalama memang dikenal dahulunya sebagai pusat pemerintahan kerjaan Melayu tertua di Indragiri. Sebagai bukti, persis di depan Komplek Makam Raja - Raja Indragiri di Desa Kota Lama, terdapat sebuah danau yang dikenal dengan nama Danau Meduyan. Dilokasi ini juga masih terdapat benteng pertahanan kerajaan Indragiri yang kini ditumbuhi pohon bambu. Selain memiliki panorama yang indah, Danau ini juga menyimpan banyak sejarah.

2. Danau Raja

Salah satu tempat wisata di Kota Rengat, adalah sebuah danau tempat pemandian keluarga Istana Indragiri yang dikenal penduduk setempat dengan nama Danau Raja. Tidak jauh dari danau ini terdapat replika Istana Kerajaan Indragiri yang konon ceritanya Istana asli kerajaan tersebut telah berada di tengah sungai Indragiri.

Lokasi berjarak sekitar 3 KM dari pusat kota Rengat, bagi Anda yang datang jauh dari luar kota dan perlu untuk bermalam, di depan area tempat wisata ini juga terdapat sebuah hotel yang dapat di jadikan sebagai tempat bermalam dengan fasilitas yang memadai.

3. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh adalah taman nasional yang terletak di Kecamatan Batang Gansal. Taman Nasional seluas 143.143 hektar ini terdiri dari hutan hujan tropis dan terkenal sebagai tempat terakhir spesies terancam seperti orang utan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, badak sumatera, tapir asia, beruang madu dan berbagai spesies burung serta binatang langka lainnya. 

Dilokasi ini juga terdapat air terjun yang berada di antara pepohonan hutan yang rindang, hal yang menarik ketika kita berada ditempat ini adalah kita dapat mendengar suara-suara khas binatang hutan tropis, serta udara yang masih segar dan alami. Di dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga terdapat tempat tinggal bagi suku asli Talang Mamak.

4. Tugu 5 Januari
Tugu ini berada di pinggir sungai Indragiri, tepatnya persis di depan rumah dinas Bupati Indragiri Hulu, jalan A Yani Rengat. Tugu ini dibangun untuk mengenang peristiwa Rengat bersejarah, yang terjadi pada tanggal 5 Januari 1949 oleh agresi militer Belanda II. Peristiwa tersebut menewaskan lebih dari 2.600 jiwa dan di buang ke Sungai Indragiri yang salah satunya adalah orang tua kandung penyair terkenal Chairil Anwar yang kala itu menjabat sebagai Bupati Indragiri bernama Tulus.

Untuk mengenang peristiwa itu, setiap tahun pada tanggal 5 Januari di kota Rengat selalu digelar acara untuk mengenang kembali hari bersejarah bagi masyarakat kota Rengat ini.

Demikianlah beberapa Tempat Wisata di Kab. Indragiri Hulu, semoga dapat menjadi referensi bagi semua pembaca. Terimakasih atas kunjungannya.

SELAMAT BERWISATA…!!!

4 comments:

  1. nah tuh danau raja yang sangat menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata, hmmm..pohon-pohon itu yang mempercantik suasana,

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Banyak tempat sejarah yang bisa di kunjungi seperti tugu 5 Januari misalnya, yang bisa di kunjungi sebagai bentuk penghormatan atas sejarah yang pernah terjadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh, untuk di Kota Rengat sejarah 5 Januari merupakan salah satu sejarah yang begitu dikenang oleh penduduknya.

      Delete