Friday 24 April 2015

Tempat Wisata Tirta Gangga - Pulau Bali

Tirta Gangga >> secara harfiah berarti air dari Sungai Gangga yang merupakan penghormatan kepada masyarakat Hindu Bali. Nama ini mengacu pada istana air yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Namun, nama ini juga digunakan untuk merujuk pada wilayah yang meliputi istana air beserta daerah pedesaan yang subur di sekitarnya. Istana Air Tirta Gangga berupa labirin kolam dan air mancur yang dikelilingi oleh taman yang rimbun serta patung-patung. Kompleks seluas satu hektar ini dibangun pada tahun 1946 oleh almarhum Raja Karangasem tetapi hampir hancur seluruhnya akibat letusan Gunung Agung pada tahun 1963. Kemudian dibangun kembali dan dipulihkan. Daerah di sekitar Tirta Gangga terkenal dengan teras-teras sawahnya.


Letak Lokasi Wisata Tirta Gangga >> Tirta Gangga adalah bekas istana kerajaan yang terletak di bagian timur Pulau Bali, Indonesia, sekitar 5 kilometer dari Karangasem, dekat Gunung Abang. Waktu tempuh dari Denpasar ke tempat ini sekitar 1,5 jam perjalanan dengan mobil.

Panorama Alam >> Objek wisata Tirta Gangga ini menyuguhkan pemandangan taman air berikut tempat pemandian menakjubkan beserta dua buah kolam renang untuk dewasa dan anak-anak bersumber dari mata air alam pegunungan, debit airnya besar dan cukup stabil sepanjang tahun, difungsikan juga untuk sarana irigasi persawahan disekitarnya, suasana tempat ini cukup sejuk. Memiliki nilai historis kental peninggalan jaman kerajaan Karangasem.

Sebagai tempat tujuan wisata, berbagai fasilitas sarana disediakan kawasan ini, lokasi parkir mobil cukup luas, tersedia restaurant, warung makanan, minuman, toko oleh-oleh, dan juga beberapa penginapan menyuguhkan pemandangan sawah menarik. Jika andasewa mobil di Bali dari kota Denpasar menuju Tirta Gangga, dengan mengambil rute jalan bypass Ida Bagus Mantra, sesampai dipertigaan Abang, sebelum kota Amlapura carilah jurusan Singaraja (menuju arah Utara).

Sumber mata air yang tertampung pada kolam permandian di taman wisata Tirtagangga ini cukup untuk mengairi persawahan disekitarnya. Sebelah Utara Tirta Gangga ada bukit kecil dimanfaatkan untuk tempat penginapan, ini sungguh menarik, bagaimana tidak, dari lembah ini bisa melihat dengan leluasa hamparan persawahan membentang luas dari Utara Ke Selatan terpampang menarik di depan mata, apalagi saat matahari terbit dari bali bukit Lempuyang ataupun disebut juga puncak Gunung Bisbis, dimana lokasi Pura Luhur Lempuyang.

Tirta Gangga memiliki cuaca sedang, tergolong sejuk, sehingga selalu memberikan suasana segar dan nyaman. Sungguh taman pemandian indah dan menarik, layak mendapatkan prioritas untuk kunjungan tour anda ke wilayah bagian Timur. 

Nah para pengunjung budiman, itu tadi penjelasan singkat tentang Tempat Wisata Tirta Gangga di Pulau Bali. Mudah-mudahan dapat menjadi referensi tempat wisata yang akan kita kunjungi. SELAMAT BERWISATA!!!

No comments:

Post a Comment